Search
  • plépah contact

Sampah Rumah Tangga Tak Tertangani, Kita Bisa Apa?

Apa yang bisa kita lakukan untuk menangani peningkatan sampah rumah tangga yang kian meningkat selama pandemi

Hal yang pertama muncul dibenak kita ialah pertanyaan seperti “kok bisa sih sampah rumah tangga meningkat signifikan”?

Ternyata tanpa disadari, ada beberapa hal penyumbang terbesar meningkatnya sampah rumah tangga selama pandemi. Salah satunya yang akan kita bahas mengenai kebiasaan memesan makanan online (take away).


Ya, kebiasaan memesan makanan online (take away) selama pandemi kian meningkat dan jika hal ini terus tak tertangani dengan baik dan tidak diimbangi dengan kesadaran konsumen akhir yang membeli produk akan berimplikasi besar pada lingkungan.


Banyaknya memesan makanan secara daring ini perlu diperhatikan oleh konsumen akhir dan wajib bertanggung jawab atas sampah yang ia hasilkan sendiri. Pasti makanan pas sampai ke rumah dilapisi oleh bubble wrap ataupun dikemas dengan plastik/styrofoam lalu sampahnya langsung dibuang, jadi gampang banget buat kita produksi sampah tanpa kita sadari implikasinya seperti apa. Belum lagi sampah yang tidak disortir sehingga organik dan anorganik tercampur.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mulai bertanggung jawab atas sampah yang kita ciptakan sendiri dan membebaskan rumah kita dari sampah ialah: reduce, selagi bisa sampah itu di-reduce, lebih baik kita reduce terlebih dahulu.

Hidup minim sampah mendorong kita untuk mengurangi kontribusi kita pada pencemaran lingkungan. Ini adalah saatnya kita mengucapkan selamat tinggal pada semua kemasan belanjaan dan barang lainnya yang kita pesan secara online.

Reduce sampah lebih baik, daur ulang itu mudah!

134 views0 comments